Kenali alat musik berdasarkan cara memainkannya!

 


Halo adik-adik!!

Kita akan belajar tentang macam-macam alat musik berdasarkan cara memainkannya. Kira kira alat musik apa saja yah? Mari kita simak satu persatu!
Musik adalah nada atau suara yang telah di susun sedemikian rupa sehingga membentuk yang namanya irama, lagu serta keharmonisan. Alat musik ini bertujuan untuk menghasilkan musik. Alat musik sangat banyak didunia dan memiliki berbagai variasi yang beragam. Alat musik terbagi menjadi 4 bagian jika dilihat berdasarkan cara memainkannya yaitu :

1. Alat musik tiup
Alat musik tiup menghasilkan suara dengan menggetarkan kolom udara. Tinggi rendah nada ditentukan oleh frekuensi gelombang yang dihasilkan dalam kaitannya dengan panjang kolom udara dan bentuk instrumen, sedangkan bunyi dipengaruhi oleh bahan dasar, struktur instrumen, dan metode pembuatannya. Contoh alat musik tiup seperti seruling dan terompet.




2. Alat musik pukul
Alat musik pukul atau alat musik perkusi menghasilkan suara dengan mengetuk atau memukul. Alat musik pukul terbagi menjadi dua yaitu tinggi dan rendah. Bentuk dan bahan bagian-bagian alat musik dan bentuk rongga getar menentukan suara yang dihasilkan alat musik tersebut. Contoh alat musik pukul seperti kulintang (bernada), dan drums (tidak bernada).




3. Alat musik petik
Alat musik petik mengasilkan suara ketika senar digetarkan melalui petikan. Contoh alat musik petik seperti kecapi dan gitar.




4. Alat musik gesek
Alat musik gesek menghasilkan suara ketika senar bergetar di kunci. Nada tinggi dan rendah dibuat dari senar pendek. Contoh alat musik gesek seperti rebab dan biola.



Nah itulah 4 alat musik berdasarkan cara memainkannya berserta contohnya, semoga bermanfaat dan terima kasih…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"MEDIA POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR"

4 Sehat 5 Sempurna

Bahaya Penggunaan Styrofoam