Mengenal 4 Kompetensi Guru

 

Halo-halo semuanya๐Ÿ‘‹๐Ÿ‘‹

Jadi kali ini saya akan membahas seputar tentang kompetensi guru. Sebelum itu, kita perlu ketahui dulu ya kompetensi guru itu apa??? 

Kompetensi guru merupakan kemampuan dalam diri seorang guru yang harus di miliki dalam menjalankan tanggung jawabnya. Kompetensi guru itu sendiri bertujuan untuk melaksanakan profesi keguruannya secara profesional guna mencapai standar kualitas dalam menjalankan tanggung jawabnya sebagai seorang guru. Terdapat empat kompetensi guru yang harus kita ketahui, yaitu :

1. Kompetensi kepribadian, merupakan kemampuan personal agar dapat mencerminkan kepribadian seseorang yang arif, berakhlak mulia serta dapat menjadi teladan yang baik bagi peserta didik. Berakhlak mulia bermaksud bahwa seorang guru harus bertindak sesuai dengan norma yang berlaku baik itu jujur, ikhlas, suka menolong, iman dan taqwa sehingga dapat di teladani oleh peserta didik. 

2. Kompetensi pedagogik, merupakan kemampuan guru dalam memahami peserta didik, dalam hal ini seorang guru harus mampu memahami peserta didik dengan cara memanfaatkan prinsip-prinsip kepribadian, perkembangan kognitif, dan mengidentifikasi bekal untuk mengajar peserta didik. 

3. Kompetensi sosial, kemampuan yang dimiliki oleh seorang guru untuk berkomunikasi dan bergaul dengan tenaga kependidikan, peserta didik, orang tua peserta didik, dan masyarakat di sekitar sekolah. Memiliki sikap inklusif, bertindak obyektif, dan tidak melakukan diskriminasi terhadap agama, jenis kelamin, kondisi fisik, ras, latar belakang keluarga, dan status sosial. Guru juga harus dapat berkomunikasi secara santun, empatik, dan efektif terhadap sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua, serta masyarakat sekitar. 

4. Kompetensi profesional, Kompetensi profesional yaitu penguasaan terhadap materi pembelajaran dengan lebih luas dan mendalam. Mencakup penguasaan terhadap materi kurikulum mata pelajaran dan substansi ilmu yang menaungi materi pembelajaran dan menguasai struktur serta metodologi keilmuannya. Penguasaan terhadap materi, konsep, struktur dan pola pikir keilmuan yang dapat mendukung pembelajaran yang dikuasai


Itulah ke empat kompetensi yang telah saya bahas, semoga mudah dipahami dan bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih. 

Baibai
๐Ÿ‘‹๐Ÿ‘‹


Komentar

Postingan populer dari blog ini

"MEDIA POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR"

4 Sehat 5 Sempurna

Bahaya Penggunaan Styrofoam