Mengenal Jenis-jenis Cermin

Halo-halo semuanya๐Ÿ‘‹๐Ÿ‘‹

Kali ini kita akan belajar dan mengenali jenis-jenis cermin. Pastinya kalian tau kan cermin itu apa. Ternyata banyak lho jenis cermin yang ada dan banyak sekali di lingkungan sekitar kita. Mari kita bahas yuk!! 

Cermin merupakan benda yang dapat menghasilkan bayangan. Jenis-jenis cermin yang akan kita bahas yaitu: cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung. 

1. Cermin datar

Nah, tahukah kalian bahwa cermin yang satu ini merupakan cermin yang paling umum lho. Karena cermin ini paling banyak digunakan sebagai salah satu perlengkapan dalam rumah, contohnya cermin yang biasa kita gunakan untuk ngaca. Sebelum berangkat keluar pastinya kalian memperindah diri dulu kan baik itu berdandan, menyisir rambut dan lain sebagai nya. Lalu melihat nya di cermin datar. Cermin datar ini menghasilkan dua bayangan yaitu bayangan nyata dan bayangan maya atau semu. Bayangan nyata itu sendiri terjadi karena sinar-sinar pantulannya saling berpotongan. Sedangkan bayangan semu itu terjadi karena telah terjadi perpotongan perpanjangan sinar pantul. Bayangan yang dihasilkan juga pasti sama besar dengan benda aslinya. Hal itu terjadi karena permukaan cermin ini rata atau datar. 

2. Cermin cekung

Jenis cermin yang kedua adalah cermin cekung. Contoh cermin cekung yang ada disekitar kita seperti sendok yang berbahan stainless steel, selain sendok ternyata reflektor pada lampu juga menggunakan cermin cekung. Adapun sifat cermin cekung ini yaitu:

a. Jumlah ruang letak benda dan letak bayangan selalu lima. 

b. Jika ruang bayangan lebih besar dari ruang benda, maka sifat bayangannya diperbesar. 

c. Jika ruang bayangan lebih kecil dari ruang benda, maka sifat bayangannya diperkecil. 

d. Dan hanya bayangan diruang empat saja yang bersifat maya dan tegak selain dari itu bersifat nyata dan terbalik. 

3. Cermin cembung

Nah, jenis cermin kali ini kebanyakan digunakan dalam dunia transportasi. Contohnya seperti kaca spion motor, mobil, truk serta bus juga lho. Cermin tikungan juga menggunakan cermin cembung. Cermin cembung banyak digunakan dalam dunia transportasi, contohnya kalau di kaca spion bayangan dari kendaraan orang lain yang bisa kalian lihat di spion, jaraknya tidak sedekat yang kalian kira, artinya bayangan benda tersebut aslinya masih agak jauh dari posisi aslinya. Hal ini sesuai dengan sifat bayangan yang dihasilkan oleh cermin cembung yakni maya, tegak dan diperkecil. 

Itulah sekilas pembahasan mengenai cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung. Semoga mudah dipahami dan sampai jumpa di pembahasan selanjutnya. 

Bai-bai๐Ÿ‘‹๐Ÿ‘‹

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"MEDIA POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR"

4 Sehat 5 Sempurna

Bahaya Penggunaan Styrofoam