Sifat Benda Cair

Halo-halo semuanya๐Ÿ‘‹๐Ÿ‘‹

Kali ini saya akan membahas mengenai sifat benda cair. Sebelum itu, kita perlu ketahui benda cair itu apa ya. Jadi benda cair merupakan salah satu bentuk dan wujud benda berupa cairan yang memiliki sifat berbeda dengan benda padat dan gas. Sifat benda cair tidak stabil karena molekulnya bergerak bebas dan selalu berubah sesuai dengan bentuk wadah nya. Benda cair ini identik dengan cairan. Namun, ada beberapa benda cair yang memiliki kekentalan atau tidak cair seperti air. Contohnya seperti shampoo, sabun cuci piring dan lain sebagainya. Adapun sifat-sifat benda cair yaitu:

1. Dapat berubah bentuk sesuai dengan wadahnya. Contohnya seperti air sirup yang di letakkan dalam gelas, maka sirup itu akan berbentuk mengikuti bentuk gelas nya. Kemudian dipindahkan lagi ke dalam piring maka air sirup itu akan berbentuk mengikuti bentuk piringnya. 

2. Menempati ruang. Benda cair selalu membutuhkan ruang untuk mempertahankan massa nya dalam kondisi tertentu. Jika benda cair tidak dalam ruang, maka benda cair itu akan mengalir ke tempat yang lebih rendah alias menghilang massanya. 

3. Mempunyai massa. Buktinya seperti kita mengangkat botol yang kosong dan botol yang terisi benda cair, maka botol yang terisi akan terasa berat, itulah yang dinamakan massa atau beratnya. 

4. Dapat mengalir ketempat yang lebih rendah. Benda cair akan selalu mengalir ke tempat yang lebih rendah dari tempat asalnya, seperti anda menumpahkan air minum ditempat yang tidak rata, maka air itu akan selalu mengalir ke tempat yang lebih rendah untuk menyesuaikan tekanan gravitasi nya. 

5. Dapat melarutkan suatu zat tertentu. Seperti anda membuat teh, pasti gulanya menghilang padahal gula itu melarut sehingga menyebabkan teh anda terasa manis. 

6. Dapat meresap melalui celah-celah yang kecil. Contohnya saat kita menyiram tanaman, air siraman itu akan meresap lebih dalam lagi melalui celah-celah tanah. 

7. Permukaan benda cair yang selalu datar. Dimana pun benda cair di letakkan maka permukaannya akan selalu datar. Walaupun habis terkena getaran maupun guncangan, pada akhirnya permukaan benda cair akan selalu kembali datar. 

Nah itulah tujuh sifat benda cair. Semoga bermanfaat ya. Terimakasih. 

Baibai

๐Ÿค—๐Ÿค—

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"MEDIA POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR"

4 Sehat 5 Sempurna

Bahaya Penggunaan Styrofoam