Perbedaan Tanaman dan Tumbuhan


Halo adik-adik!! 

Taukah kalian bahwa tanaman dan tumbuhan itu memiliki perbedaan? Apa yah perbedaannya? Yuk kita simak! 

Tanaman adalah gabungan dari berbagai jenis organisme yang dibudidayakan serta dirawat di suatu tempat agar bermanfaat ketika sudah waktu panen. Tanaman merupakan hasil dari campur tangan manusia untuk memenuhi kebutuhan manusia dan dimanfaatkan. Contoh tanaman seperti kacang-kacangan dan umbi-umbian. 




Tumbuhan merupakan flora atau tumbuhan yang berkembang biak secara alami tanpa adanya campur tangan manusia. Tumbuhan bersifat stasinior atau tidak dapat berpindah tempat dengan sendirinya. Tumbuhan pada umumnya berwarna hijau akibat pengaruh dari kandungan klorofilnya, namun ada juga tumbuhan yang berwarna lain. 




Perbedaan tanaman dan tumbuhan :

1. Tumbuhan itu flora secara luas yang meliputi tanaman, artinya semua tanaman adalah tumbuhan, namun tidak semua tumbuhan adalah tanaman.

2. Tumbuhan bisa hidup tanpa dibudidayakan, tetapi tanaman hidup dengan cara dibudidayakan.

3. Tanaman biasanya memiliki kegunaan atau nilai ekonomis yang tinggi, sedangkan tidak semua tumbuhan dimanfaatkan di alam (ada yang tidak memiliki nilai ekonomis).

4. Tumbuhan hidup memiliki habitat di luar ruangan sedangkan tanaman hidup dengan cara ditanam atau dibudidayakan di dalam ruangan atau lingkungan.

Nah, itulah perbedaan dari tanaman dan tumbuhan. Semoga mudah di pahami dan bermanfaat, terimakasih... 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

"MEDIA POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR"

4 Sehat 5 Sempurna

Bahaya Penggunaan Styrofoam