Apa itu 3R (Reduce, Reuse, Recycle?

 


Haloo👋
Kali ini kita akan membahas 3 cara terbaik dalam mengelola dan menangani sampah. Apa saja ya kira-kira? 

      Apa itu 3R? Jadi, 3R adalah Reduce, Reuce, dan Recycle ini merupakan cara terbaik dalam mengelola dan menangani sampah plastik dengan berbagai jenis. Penerapan ini sangat baik untuk mengolah berbagai sampah plastik dari yang aman hingga beracun. Selanjutnya mari kita simak ke -3 sistem ini dalam mengelola sampah plastik. 

1. Reduce
      Reduce adalah mengurangi sampah, yang artinya bahwa langkah ini mengurangi penggunaan produk yang nantinya berpotensi menjadi sampah. Tahap ini menjadi yang pertama sekaligus prioritas karena bila pengurangan produk sampah sekali pakai, maka tidak perlu ke tahap reuse dan recycle. Contoh dari penerapan reduce itu sendiri adalah membawa botol minum atau alat makan sendiri sehingga tidak perlu menggunakan bebagai alat makan dan minum sekali pakai. 


2. Reuce
      Reuse adalah menggunakan kembali, tahap ini mengajak untuk menggunakan kembali produk yang sudah terpakai. Dengan menggunakannya kembali maka sampah yang timbul akibat produk-produk tersebut akan berkurang. Contoh penerapannya yaitu menggunakan botol sabun mandi kembali dan mengisinya dengan membeli produk isi ulang. Dengan adanya metode ini, penyebaran sampah plastik yang sudah di beli tentunya dapat dikurangi dan di manfaatkan kembali.
 

3. Recycle
      Recycle adalah mendaur ulang, tahap ini sudah banyak di lakukan mengingat banyaknya sampah yang tersebar di berbagai lokasi. Daur ulang ini sebenarnya lebih fleksibel, bahkan kerap memiliki nilai ekonomis. Pemanfaatan sampah yang sudah tidak terpakai hingga memiliki nilai tanpa mencemari lingkungan mampu mengurangi penyebaran sampah plastik secara drastis. Contoh penerapannya yaitu mengolah sampah bekas pakai menjadi kertas baru yang bisa di gunakan kembali. 


Nah itulah terkait 3R yang bisa dilakukan di lingkungan rumah, rumah sakit, dan lain sebagainya. Penerapan yang mudah bukan? yok mulai dari sekarang mari kita terapkan 3R ini dalam kehidupan sehari-hari. 

Sekian dari saya,
Semoga bermanfaat dan terimakasih. 
☺☺
       

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"MEDIA POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR"

4 Sehat 5 Sempurna

Bahaya Penggunaan Styrofoam