Cintai dan Jagalah Lingkungan Sekitar


Halo-halo๐Ÿ‘‹๐Ÿ‘‹

Bagaimana ni kabarnya? Baik bukan? hehe

Jadi kali ini saya akan membahas mengenai lingkungan. Kita sebagai manusia memiliki peran yang sangat besar dalam menjaga dan mencintai lingkungan, kalau bukan kita siapa lagi. 

Lingkungan itu apasih? lingkungan merupakan segala sesuatu yang ada disekitar kita. Baik itu rumah, daerah sekitar rumah, sekolah, tempat wisata, alam dan lain sebagainya. Lingkungan harus dijaga kebersihan nya, karena apabila lingkungan sekitar kita bersih, maka keberlangsungan hidup kita akan tenang, sehat dan nyaman. 

Lalu apa yang harus kita lakukan sebagai manusia untuk menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih? Dengan cara mengurangi sampah, menghemat penggunaan listrik, menghemat penggunaan air, melestarikan hutan, dan melestarikan hewan. 

Berikut 5 contoh cara menjaga lingkungan:

1. Mengurangi sampah

Tumpukan sampah dapat menimbulkan banyak dampak negatif pada lingkungan, maka seharusnya kita tidak membuang sampah di sembarang tempat, menerapkan prinsip 3R, dan memilah antara sampah organik dan sampah anorganik. 

2. Menghemat penggunaan listrik

Sebagian besar pembangkit listrik memiliki sumber energi berupa bahan bakar fosil seperti minyak bumi. Nah, penggunaan bahan bakar fosil ini dapat memicu pemanasan global. Contoh penerapan untuk menghemat listrik ini salah satunya, menggunakan lampu dimalam hari saja, mematikan alat elektronik bila tidak digunakan serta menggunakan alat elektronik yang memiliki daya listrik yang rendah.

3. Menghemat penggunaan air

Dikutip dari National Oceanic and Atmospheric Admnistration bahwa semakin sedikit air yang digunakan berarti semakin sedikit limpasan dan air limbah yang berakhir dilaut. Contoh penerapan untuk menghemat air yaitu, tidak membuang-buang air, menggunakan air secukupnya saja dan apabila ada keran yang bocor segera menggantinya dengan keran yang baru.

4. Melestarikan hutan

Ternyata jumlah hutan berkurang secara drastis dalam beberapa dekade terakhir. Penebangan pohon memiliki pengaruh yang sangat buruk bagi kehidupan bumi. Berikut cara melestarikan hutan, mereboisasi hutan yang gundul, melarang penebangan liat serta tidak melakukan pembakaran hutan untuk membuka lahan.

5. Melestarikan hewan

Selain tumbuhan, ternyata hewan juga memiliki peran sangat penting dalam kehidupan bumi. Namun, nyatanya begitu banyak spesies hewan yang sudah punah. Cara melestarikan hewan dengan cara tidak melakukan pemburuan liar, mendukung pelestarian dan penangkaran hewan serta tidak merusak habitat hewan. 

Nah, itulah cara kita sebagai manusia untuk menjaga dan selalu mencintai lingkungan serta alam. Semoga bermanfaat ya. Terimakasih๐Ÿ‘‹๐Ÿ‘‹

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"MEDIA POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR"

4 Sehat 5 Sempurna

Bahaya Penggunaan Styrofoam