Mengenal 4 Sifat Cahaya


Haloo👋👋
Kali ini saya akan membahas mengenai 4 sifat cahaya yang perlu kita ketahui, yuk kita simak💡

Cahaya itu apa ya? Jadi, cahaya adalah salah satu jenis gelombang elektromagnetik karena dapat merambat di ruang hampa udara. Cahaya memiliki panjang gelombang sekitar 380-750 nanometer (nm). Selain itu, cahaya juga bisa merambat dengan sangat cepat loh, yaitu 3 x 108 m/s.

1. Cahaya Dapat Merambat Lurus


     Sifat cahaya ini dapat terlihat saat senter disorotkan ke depan, maka cahaya senter akan merambat lurus sesuai arah yang dituju. Rambatan cahaya dapat menembus benda bening atau transparan, contohnya adalah seperti kaca jendela rumah.

      Sementara itu, sejumlah benda lainnya dapat meneruskan rambatan cahaya yang datang dan menyebarkan sebagian lainnya. Benda ini dinamakan benda translusens. Contohnya adalah seperti kain gorden tipis. 

2. Cahaya Dapat Dipantulkan


      Ketika cahaya mengenai permukaan yang datar dan licin, cahaya akan mengalami pemantulan yang teratur, contohnya saat kita bercermin.

      Ketika bercermin di cermin datang, orang lain dapat melihat pantulan dirinya sama besar dengan yang aslinya karena cahaya itu dipantulkan oleh cermin.

      Kemudian pemantulan pada cermin cekung memiliki sifat bayangan yang lebih besar dari ukuran benda asli. Sedangkan sifat bayangan pada cermin cembung yaitu lebih kecil dari ukuran asli benda.

3. Cahaya Dapat Dibiaskan atau Dibelokkan

      Pembiasan cahaya adalah proses terjadinya pembelokan cahaya saat merambat dari satu medium ke medium lain yang punya indeks bias berbeda. Pembiasan terjadi karena ada perbedaan kelajuan gelombang cahaya saat merambat di dua medium berbeda.

      Contoh sifat cahaya dapat dibiaskan yaitu saat berenang dan meletakkan sebilah tongkat ke dalam air yang terkena cahaya matahari, maka tongkat akan tampak lebih besar dari ukuran sebenarnya.


4. Cahaya Dapat Diuraikan

      Sifat cahaya dapat diuraikan biasa disebut dispersi cahaya. Prinsip penguraian cahaya atau dispersi adalah penguraian cahaya berwarna putih menjadi cahaya warna-warni

      Contoh sifat cahaya dapat diuraikan yaitu munculnya pelangi. Saat cahaya matahari yang tampak berwarna putih mengenai tetesan air sisa hujan pada sudut tertentu, cahaya akan merambat dari udara ke air yang lebih padat. Kemudian cahaya matahari dipantulkan dalam atmosfer dan air hujan, cahaya matahari sebetulnya terdiri dari beragam spektrum warna, masing-masing dengan panjang gelombang berbeda. Perbedaan panjang gelombang ini membuat pelangi menjadi warna-warni dari cahaya matahari yang hanya tampak  berwarna putih.

Itulah 4 sifat-sifat cahaya yaitu, cahaya dapat merambat lurus, cahaya dapat dipantulkan, cahaya dapat dibiaskan atau dibelokkan, dan yang terakhir cahaya dapat diuraikan. Semoga bermanfaat. Sekian dan Terimakasih. 

☺☺



Komentar

Postingan populer dari blog ini

"MEDIA POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR"

4 Sehat 5 Sempurna

Bahaya Penggunaan Styrofoam