Gelombang Elektromagnetik

🕊🕊

Halo-halo semuanya, pembahasan yang akan saya bahas kali ini mengenai gelombang elektromagnetik. Ada yang tahu tidak apa itu gelombang? Jadi, gelombang dalam ilmu fisika adalah getaran yang merambat. 

Gelombang bisa merambat melalui medium tertentu atau bisa juga tanpa medium melalui ruang hampa. Gelombang juga bisa didefinisikan sebagai energi getaran yang merambat tanpa memindahkan materi perantaranya. Gelombang elektromagnetik dibentuk oleh medan magnet dan medan listrik yang saling merambat tegak lurus. Sumber penghasil gelombang elektromagnetik berbeda-beda. Beberapa di antaranya dihasilkan oleh nuklir atau atomik yang di dalamnya memuat fisika kuantum. 

Adapun energi gelombang elektromagnetik dapat membawa energi ke suatu tempat, kita akan bahas nih apa saja contoh yang membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik beneran bisa membawa energi juga.

Contoh yang paling sederhana adalah cahaya dari lampu bohlam dan juga panas yang diradiasikan oleh api. Coba kalian sentuh sebentar saja bagian lampu dari kendaraan yang sebelumnya sudah menyala, terasa hangat bukan? Begitu pula ketika kamu kedinginan saat berkemah, hawa panas yang diradiasikan dari api unggun akan terasa menghangatkan badanmu. 

Itulah bukti bahwa gelombang elektromagnetik juga membawa energi. Aliran energi dalam gelombang elektromagnetik dinyatakan dalam laju energi yang mengalir per satuan luas atau daya per satuan luas. 

Sifat gelombang elektromagnetik adalah sebagai berikut.

1. Memiliki kecepatan konstan di ruang hampa, yaitu sebesar 3 × 108 m/s.

2. Tidak dipengaruhi oleh medan listrik maupun medan magnet karena tidak bermuatan listrik.

3. Termasuk gelombang transversal.

4. Energinya bergantung pada besarnya frekuensi. 

Nah, demikianlah pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan mudah dipahami,sekian dan terima kasih.

🕊🕊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"MEDIA POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR"

4 Sehat 5 Sempurna

Bahaya Penggunaan Styrofoam